Selasa, 05 November 2013

NILAI SOSIAL



1.Pengertian Nilai Sosial
Nilai (value) adalah prinsip, standar, atau kualitas yang dianggap berharga atau diinginkan oleh orang yang memegangnya. Nilai merupakan kumpulan sikap dan perasaan yang diwujudkan melaui perilaku social orang yang memiliki nilai social tersebut. Sedangkan nilai social adalah kualita perilaku, pikiran, dan karakter yang dianggap masyarakat yang baik dan benar, hasilnya diinginkan, dan layak ditiru orang lain. Nilai social merupkan sikap dan perasaan yang diterima secara luas oleh masyarakat dan merupakan dasar untuk merumuskan apa yang benar dan apa yang penting.Berikut adalah definisi nilai menurut  beberapa ahli sosiolog, yaitu:

Robert M.Z. Lawang
     Nilai adalah gambaran mengenai apa yang diinginkan, yang pantas, tang berharga, dan yang memengaruhi perilaku orang yang memiliki nilai itu.
Young
     Nilai social adalah asumsi yang abstrak dan sering tidak disadari tentang apa yang baik dan benar, dan apa aja yang dianggap penting oleh masyarakat.
Green
     Nilai sosial adalah kesadaran yang secara efektif berlangsung disertai emosi terhadap objek, ide, dan individu.
Wood
     Nilai sosial merupakan petunjuk-petunjuk umum yang telah berlangsung lama, yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.
         
          Secara umum nilai berkaitan dengan kemerdekaan seseorang dalam bertindak. Nilai membantu indiviu untuk mengarahkan tindak-tanduknya berdasarkan pilihan-pilihan yang ia buat secara sadar. Nilai menjadi dasar pertimbangan seseorang dalam memilih dan menentukan sikap serta mengambil keputusan atas suatu hal. Jadi, nilai menetukan peringkat prioritas dari berbagai alternatif tingkah laku yang mungkin dilakukan oleh seseorang.
          Seorang individu meyakini nilai-nilai  tersendiri yang turut memberikan pengaruh pada nilai yang dimiliki oleh masyarakat. Sebuah nilai dianggap konsisten apabila tidak bertentangan dengan nilai-nilai lain dalam masyarakat dianggap konsisten apabila tidak bertentangan denagn nilai-nilai lain dalam masyarakat dan bersifat abstrak. Abstark dimaksudkan bersifat umum, memiliki ruang lingkup yang luas, dan umumnya sulit diterangkan secara rasional dan nyata. Ada bebrapa factor yang memengaruhi perubahan nilai,antara lain:
a.     evolusi dari suatu kepercayan dalam beragama,
b.     perubahan dalam nilai moral,
c.      pengaruh media massa ,
d.     perubahan dalam ekonomi,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar